Selasa, 01 November 2011

EROSI TANAH AKIBAT PENEBANGAN HUTAN


BAB 1
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
Kita semua tahu bahwa Indonesia banyak memiliki kekayaan pada sumber daya alam
Namun seiring berjalannya waktu kesuburan yang di miliki di dalam tanah tersebut tidak sesuai dengan aturan yang berlaku dan kita sebagai manusia tidak memperhatikan dampak buruk yang di timbulkan nya,sehingga penebangan hutan yang secara liar dpat mengakibatkan erosi pada tanah.

TUJUAN
Tujuan penulisan dari makalah ini adalah untuk membahas mengenai eroai akibat penebangan hutan.

METODE PENULISAN
Study pustaka

BAB 2
PEMBAHASAN

Kerusakan hutan disebabkan oleh penebangan hutan, kebakaran hutan, konversi hutan menjadi perkebunan, pertanian, transmigrasi, perambahan hutan, dan sistem perladangan berpindah  yang dapat menimbulkan kerusakan tanah. Salah satu kerusakan pada tanah tersebut dapat menimbulkan terjadinya erosi. Penyebab terjadinya erosi salah satunya adalah penebangan hutan untuk mengubah fungsi hutan menjadi lahan pertanian (ladang).
Penebangan hutan secara liar akan berdampak pada bencana kekeringn.Pepohonan biasasnya berfungsi sabagai menahan air agar tidak berakibat kekeringan.Air hujan akan langsung mengalir ke laut dan cadangan air tanah menjadi tidak ada. Salah satu akibat dari penebangan hutan adalah banjir dan untuk mencegah banjir penebangan hutan secara liar harus di hindari. Jika penebangan liar tersebut di biarkan bukan tidak mungkin banjir akan terus terjadi dan akan membawa korbaan lebih banyak lagi.
Penebanagn hutan akan membuat derajat penesapan air oleh tanah menjadi tinggi dan erosi menjadi rendah. Sementara itu kebakaran hutan yang parah dan diiringi hujan yang lebat akan mengakibatkan erosi.
Erosi adalah menipisnya lapisan permukaan tanah bagian atas, yang akan menyebabkan menurunnnya kemampuan lahan (degradasi lahan) kebakaran yang parah dapat menyebabkan peningkatan erosi secara menonjol jika diikuti denga hujan lebat.
Pengaruh erosi pada kesuburan fisik tanah diantaranya adalah terjadinya penghanyutan partikel-partikel tanah, perubahan struktur tanah, penurunan kapasitas infiltrasi dan penampungan, serta perubahan profil tanah.
Akibat-akibat lain dari penebangan hutan ini adalah hutan menjadi gundul,terjadinya longsor,kebakaran dan lain sebagainya.

BAB 3
PENUTUP

KESIMPULAN
Jadi dapat di simpulkan bahwa penebangan hutan yang di lakukan secara liar akan mengakibatkan tanah terjadi srosi,oleh sebab itu kita sebagai manusia harus menyadari bahwa segala sesuatu yang akan kita lakukan harus kita pikir dahulu, karena dapat mengakibatkan kerugian untuk diri kita sendiri.


DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar