Kamis, 06 Oktober 2011

FENOMENA TERJADINYA DANAU TOBA


PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Fenomena alam yang terjadi di muka bumi ini selalu memberikan dampak bagi manusia, baik negative maupun positif. Seperti dalam fenomena meletusnya sebuah gunung di Sumatera Utara yang pada akhirnya membentuk danau Toba.

TUJUAN
Karya ilmiah ini di tulis untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah ILMU ALAMIAH DASAR.

METODE PENULISAN
Study pustaka

PEMBAHASAN
ISI MATERI
Mungkin tak banyak yang tahu bahwa asal mula danau toba dari letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah. Letusan yang membentuk kawah sebesar 100km x 35km tersebut kemudian perlahan terisi air sehingga menjadi sebuah danau.
Letusan yang terjadi di sumatra 73000 tahun yang lalu itu telah mengakibatkan kerusakan yang luar biasa sehingga membuat populasi manusia saat itu hampir punah dan hanya tersisa 5000 -10000 orang saja.
Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

Meski hampir menyebabkan kepunahan bagi manusia, namun setelah munculnya danau toba dan pulau samosir pada saat ini membawa keuntungan bagi masyarakat setempat.

PENUTUP
KESIMPULAN
Jadi segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini ada yang menimbulkan dampak negative maupun positif seperti fenomena terbentuknya danau toba tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

1 komentar:

  1. teman jangan lupa yah masukin link gunadarmanya k dalam blog kamu. Sekarang kan sudah mulai softskill, sebagai salah satu mahasiswa gunadarma ayo donk masukin link gunadarmanya, misalkan:
    www.gunadarma.ac.id
    www.studentsite.gunadarma.ac.id
    www.baak.gunadarma.ac.id
    www.ugpedia.gunadarma.ac.id
    :)

    BalasHapus